Minggu, 29 September 2019

Struktur dan Fungsi Batang

Batang

Tahukah kau struktur dan fungsi batang? Secara morfologis, batang terdiri atas

a. buku, yaitu daerah melekatnya daun;

b. ruas, belahan di antara dua buku;

c. tunas aksiler (lateral) yang berpotensi membentuk tunas cabang;

d. tunas terminal (ujung/apikal), belahan yang aktif tumbuh dan berkembang menciptakan batang menjadi lebih tinggi.

Batang mempunyai fungsi sebagai berikut.

a. menegakkan dan menguatkan badan tumbuhan,

b. meneruskan air dan zat-zat mineral dari akar ke seluruh badan terutama daun,

c. mengalirkan zat hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh, bahkan hingga ke belahan cadangan makanan.

Fungsi transportasi zat bisa dilakukan batang alasannya ialah adanya struktur jaringan-jaringan pembuluh, yaitu pembuluh kayu (xilem) dan pembuluh tapis (floem). Secara anatomis, xilem tersusun oleh sel-sel panjang berupa trakeid dan unsur pembuluh.

Trakeid ialah sel panjang dan tipis dengan ujung runcing. Unsur pembuluh biasanya lebih lebar, pendek, dinding selnya lebih tipis, dan kurang runcing.

Floem dibuat oleh rangkaian sel yang disebut anggota pembuluh tapis. Dinding ujung antara anggota pembuluh tapis disebut lempengan tapis yang mempunyai pori sehingga cairan mengalir dengan gampang dari sel ke sel sepanjang pembuluh itu.

Jaringan pembuluh xilem dan floem sama-sama terdapat pada tumbuhan monokotil dan dikotil. Tumbuhan monokotil dan dikotil mempunyai tipe pembuluh batang berbeda. Perbedaan itu terdapat pada susunan jaringan-jaringan pembuluhnya.

Susunan jaringan pembuluh pada monokotil tersebar secara kompleks, sedangkan pada dikotil tersusun ‘rapi’ berbentuk lingkaran.
Pada pembahasan kali akan dijelaskan secara lengkap belahan Bagian-bagian Struktur Morfologi dan Anatomi Tumbuhan beserta Fungsinya (Akar, Batang, Daun, Bunga)
Gambar: Perbedaan Bagian-bagian Struktur Anatomi Batang Dikotil dan Monokotil

Secara anatomis, struktur batang tersusun atas lapisan-lapisan jaringan. Lapisan paling luar ialah epidermis sebagai jaringan pelindung dan dibawahnya terdapat korteks sebagai jaringan penyokong.

Korteks hanya ditemukan pada tumbuhan dikotil. Lapisan terdalam ialah empulur yang tersusun oleh sel-sel berilmu balig cukup akal dan kuat sebagai dasar pembentuk batang.

sumber : https://ruang-guru21.blogspot.com/2015/11/bagian-bagian-struktur-morfologi-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hipertensi dan Hipotensi

Pengertian Hipertensi Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau le...